Selasa, 20 September 2022

 

Mengenal Icon Tab Menu References dan Fungsinya pada Microsoft Word

Tab Menu References yang terdiri dari enam Group yaitu, Table of Contents, Footnote, Citations & Bibliography, Captions, Index dan Table of Authorities seperti pada gambar di bawah ini.


1. Table of Contents

Group Table of Contents ini secara umum berfungsi untuk mengelola daftar isi dengan beberapa bentuk yang telah disediakan oleh Microsoft Word, icon sebagai berikut :


NO.ICON/SUB MENUFUNGSI
1Table of ContentsMemilih dan mengatur daftar isi otomatis
2Add TextMenambahkan teks dalam paragraf terpilih ke dalam format daftar isi otomatis yang telah dibuat˙sesuai dengan level yang diinginkan
3Update TableMemperbarui bentuk daftar isi otomatis (ikon ini biasanya digunakan ketika terdapat perubahan˙secara manual/tidak otomatis pada daftar isi otomatis yang telah dibuat sehingga membutuhkan penyesuaian dengan perubahan˙terbaru)

2. Footnotes

Pada Group ini berfungsi untuk menyisipkan dan mengelola berbagai macam model rujukan seperti cacatan kaki atau Footnote dan sejenisnya. Icon-icon-nya sebagai berikut:



NO.ICON/SUB MENUFUNGSI
1Insert FootnoteMenambahkan rujukan yang berupa cacatan kaki dan terletak di bagian bawah halaman
2Insert EndnoteMenambahkan rujukan yang berupa cacatan di akhir dokumen
3Next FootnoteMemantau footnote dan endnote yang ada secara berurutan (ikon ini akan berefek maksimal˙apabila jumlah footnote ataupun endnote lebih dari 1 (satu), urutan pemantauan dapat dilakukan dengan urutan maju atau mundur˙sesuai dengan isi tombol down arrrow yang ada
4Show NotesMenampilkan letak footnote ataupun endnote yang telah ditambahkan sebelumnya

3. Citations & Bibliography

Kegunaan atau fungsi pada group ini adalah untuk menyisipkan dan mengelola kutipan langsung. Fungsi Icon-icon-nya sebagai berikut:



NO.ICON/SUB MENUFUNGSI
1Insert CitationsMenambahkan kutipan secara langsung pada area dimana kursor aktif
2Manage SourcesMengelola semua sumber kutipan yang telah ditambahkan sebelumnya pada dokumen microsoft word˙yang sedang aktif
3StyleMemimilih model/gaya penulisan kutipan langsung sesuai dengan keinginan
4BibliographyMenambahkan dan mengelola daftar pustaka ke dalam dokumen microsoft word yang sedang aktif

4. Caption

Fungsi utamanya untuk menambahkan dan mengelola keterangan Gambar sehingga Dokumen yang kita dibuat lebih menarik dan mudah dipahami. Berikut ini fungsi masing-masing Icon :



NO.ICON/SUB MENUFUNGSI
1Insert CaptionMemberikan keterangan pada ilustrasi atau objek yang telah ditambahkan
2Insert Table of FiguresMenambahkan daftar gambar yang ada dalam dokumen
3Update TableMemperbarui daftar gambar yang telah dibuat sebelumnya
4Cross-refrenceMenambahkan daftar rujukan secara cepat dengan memilih rujukan yang diinginkan pada daftar˙rujukan yang telah ada. Istilah cross-refrence juga dikenal dengan referensi silang

5. Index

Dengan memanfaatkan Icon-icon pada Group Index ini kita bisa memberikan tanda pada sumber rujukan, daftar kata juga dapat dikelola dengan baik. Adapun Icon-icon yang terdapat dalam group ini adalah sebagai berikut:



NO.ICON/SUB MENUFUNGSI
1Mark EntryMemberikan tanda terhadap masukan (sumber) baru dalam dokumen
2Insert IndexMenambahkan indeks atau daftar kata ˙ke dalam dokumen
3Update IndexMemperbarui daftar kata atau indeks yang ada

6. Table of Authorities

Group yang satu ini bisa kita fungsikan untuk mengelola daftar isi, daftar gambar, daftar kata dan dalam hal ini kita diberikan otoritas untuk melakukan pengaturan berbagai daftar tersebut. Icon-icon dan fungsinya sebagai berikut :



NO.ICON/SUB MENUFUNGSI
1Mark CitationMenandai dan mengelola teks yang telah dipilih dengan memanfaatkan perintah-perintah yang˙terdapat di jendela mark citation
2Insert Table of AuthoritiesMenambahkan daftar authorities pada dokumen microsoft word
3Update TableMemperbarui daftar authorities sehingga sinkron dengan kondisi terkini


sumber:
www.taknyana.com/2020/03/mengenal-icon-tab-menu-references-dan.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar